Informasi Lengkap Wisata Tangkuban Perahu Bandung Terbaru

wisata Tangkuban Perahu Bandung memiliki cerita legenda didalamnya, panorama kawah mempesona dan terlihat unik.

Wisata Tangkuban Perahu Bandung. Siapa yang tidak mengenal destinasi wisata yang satu ini. salah satu destinasi wisata di Bandung tersebut dapat dikatakan destinasi wisata legendaris. Karena telah ada sejak lama. meskipun telah lama, keindahan alam disana tak berkurang sedikitpun. Bahkan lebih indah dan mempesona dari masa ke masa. Legenda yang melatar belakanginya tak kalah menjadi daya tarik tersendiri. Selain mengetahui jam buka Tangkuban Perahu pukul 7 pagi hingga 5 sore, simak dulu ulasan lengkap berikut ini.

Legenda Tangkuban Perahu

Sebelum mengetahui informasi lebih lengkap, alangkah baiknya kita mengetahui cerita Tangkuban Perahu. Dulu dihutan belantara tinggallah seorang ibu bernama Dayang Sumbi bersama anaknya Sangkuriang dan seekor anjing si Tumang. Si Tumang sebenarnya adalah ayah Sangkuriang yang menjelma menjadi anjing. Singkat cerita si Tumang dan Sangkuriang berburu dihutan. Hingga petang tiba Sangkuriang tak mendapatkan hasil apapun.

Karena takut pulang tanpa membawa hasil, sangkuriang memutuskan membunuh si Tumang. Dayang Sumbi marah, melempari batu dan mengusir Sangkuriang. Dayang Sumbi amat menyesal dan berdo’a agar bisa awet muda dan panjang umur. Waktu terus berjalan hingga Dayang Sumbi bertemu pemuda tampan dan saling jatuh hati.

Tapi ketika Dayang Sumbi melihat bekas luka seperti milik anaknya, dia percaya bahwa itu Sangkuriang. Legenda Tangkuban Perahu menceritakan, untuk menghindari pernikahan Dayang Sumbi memberikan syarat membuat kapal besar sebelum matahari terbit. Sebelum matahari terbit perahu belum selesai. Sangkuriang marah dan menendang kapal hingga membentuk Tangkuban Perahu.

Pesona Tangkuban Perahu

Memang bila dilihat kawah disana mempunyai bentuk seperti kapal terbalik. Hamparan sekitarnya gersang dan hanya berumput kering. Perlu diketahui bahwa gunung ini memang jadi gunung api aktif. Ditunjukkan dari kawah yang terus mengeluarkan asap belerang. Meskipun aktif, wisatawan tetap aman berwisata kesana. Pemandangan indah kawah dan sekitarnya akan membuat hasil foto kalian semakin keren.

Jalan setapak menuju lokasi kawah juga sudah bagus. Wisatawan yang ingin menginap juga banyak hotel dekat Tangkuban Perahu. Setidaknya terdapat 3 kawah gunung Tangkuban Perahu yang paling dikenal wisatawan. Kawah Domas, kawah Upas dan kawah Ratu. Keseruan di kawah Domas, wisatawan diperbolehkan mendekati kawah. Kitapun dapat mencoba memasak telur rebus langsung dari air kawah. Disana juga terdapat pohon manarasa yang buahnya berwarna merah dan rasanya seperti jambu.

Alamat Lengkap Dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Tangkuban Perahu berada di Gunung Tangkuban Perahu, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat. Untuk menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi setelah keluar tol Pasteur menuju ke jalan Dr. Djunjunan lanjut ke Pasar kaliki menuju Sukajadi dan Setiabudi. Setelah sampai di Lembang baru mencari angkutan umum menuju Tangkuban Perahu. Bila melalui tol Padalarang menuju arah Cimahi ambil kiri menuju jalan Kolonel Masturi. Sampai pertigaan jalan raya Lembang belok kiri menuju gunung Tangkuban Perahu.

Harga Tiket

Walaupun telah jadi lokasi wisata yang sangat melegenda, bukan berarti harga tiket masuk jadi lebih mahal. tiket masuknya masih sangat terjangkau. Bagi wisatawan lokal harga tiket masuk Tangkuban Perahu hanya 13 ribu dengan biaya parkir motor 5 ribu, mobil 10 ribu dan bus 20 ribu. Adapun wisatawan asing tiket masuknya 50 ribu dengan biaya parkir motor 7 ribu, mobil 15 ribu dan bus 25 ribu. Dengan catatan bahwa harga ini masih dapat berubah sewatu-waktu.

Wisata Tangkuban Perahu Bandung memang jadi lokasi wisata menarik bagi keluarga, sahabat atau orang terkasih. Selain panorama indah, bentuknya yang unik seperti kapal terbalik memberikan daya tarik tersendiri. Lokasi ini sangat wajib dikunjungi ketika di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *