Informasi Lengkap Wisata Curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat

Curug Cikaso memiliki panorama indah 3 air terjun berdampingan, lokasi yang terpencil membuatnya belum begitu dikenal wisatawan.

Wisata alam memang tak pernah ada habisnya. Asalkan kita manusia dapat merawat dan menjaga secara baik. Wisata air terjun jadi daya tarik lokasi penghilang penat. Umumnya treveller memilih obyek wisata alam sebagai tujuan karena memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan wisata buatan. Curug Cikaso contohnya. Kawasan wisata Cikaso memang belum begitu terkenal. Tapi justru itulah keindahannya. Kalian dapat menikmati air terjun yang masih jarang disentuh wisatawan. Dapat dikatakan antimainstream dari yang lain. ingin melihat keindahannya? Kepoin terus!

Panorama Indah Di Curug Cikaso

Nama curug Cikaso sebenarnya bukan nama asli. Awalnya air terjun ini bernama Curug Luhur. Kemudian masyarakat menggantinya dengan nama curug Cikaso karena airnya mengalir ke sungai Cikaso. Air terjunnya sangat indah, tapi mengapa tidak begitu dikenal? Hal ini terjadi lantaran lokasinya yang berada didaerah terpencil. Kendati demikian panorama alam disana sangat alami dan terlihat masih perawan. Lokasi air terjun ini memang terhalang adanya lembah disekitar kawasan.

Untuk dapat mencapai lokasi, kita dapat menaiki perahu. Sayangnya bila cuaca hujan, aliran sungai akan naik dan cukup deras. Sehingga wisatawan belum tentu dapat mengunjungi lokasi. Air terjun Cikaso memiliki 3 air terjun yang berjajar dengan kelebaran dan ketinggian yang berbeda. dua aliran yang berjajar memiliki kemiripan dan sering dikenal air terjun kembar. Sedangkan satu air terjun lainnya sedikit tersembunyi dibalik tebing.

Ternyata ketiga aliran air terjun itu mempunyai nama yang berbeda. aliran di tengah bernama Curug Meong, disebelah kanan Curug Aki dan sebelah kiri curug Asepan. Para wisatawan tidak diperbolehkan menyelam dan berenang dibawah air terjun. Sebab aliran sungai ini berkedalaman 15 hingga 22 meter.

Fasilitas Di Curug Cikaso

Meskipun lokasi curug Cikaso Sukabumi Jawa Barat ini masih tergolong perawan dan sedikit perhatian dari wisatawan. Fasilitas yang ada cukup lengkap. pemerintah telah memberikan fasilitas umum yang baik agar tidak menyulitkan wisatawan disana. tersedia kamar mandi yang ingin bilas setelah berendam diarea sungai. Mengatasi rasa lapar juga sangat mudah, terdapat warung-warung kecil disekitar kawasan. Bagi yang ingin menginap, telah tersedia area camping ground bagi para treveller. Lokasi ini buka 24 jam loh. Harga tiket masuknya juga terjangkau hanya 27 ribu rupiah saja.

Rute Menuju Lokasi

Secara administratif lokasi curug Cikaso berada di dusun Ciniti, Cibitung, kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Dari Jakarta biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan, untuk mencapai lokasi. Tapi perjalanan akan terbayar lunas setelah melihat keindahan lokasi wisata. Rute menuju lokasi memasuki Sukabumi, cukup mengikuti jalur utama. Setelah menemukan pertigaan Surade ikuti papan petunjuk arah menuju Curug Cikaso. Jaraknya hanya 12 KM saja.

Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi, ada banyak ojek yang mangkal disana. memudahkan akses kita menuju lokasi. Barulah setelah sampai di pintu masuk ke arah Curug tersedia dua alternatif jalan. Berjalan kaki atau menaiki perahu. Pemandangan disepanjang jalan sangat rimbun dan asri, membuat berjalan kaki tak terasa lelah.

Nah bagi kalian yang tertarik berkunjung ke Curug Cikaso, ada sedikit tips nih. Lebih baik menggunakan baju casual dan sepatu atau sandal yang nyaman. hindari mengenakan rok mini atau high heels ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *