Informasi Lengkap Situ Patenggang Ciwidey Bandung Terbaru

Situ Patenggang Bandung jadi lokasi seru berwisata, mitos dan keunikan lainnya jadi daya tarik wisatawan.

Paris van Java rasanya sangat pas dijadikan julukan untuk kota Bandung. Banyak keindahan serta kemegahan yang ditawarkan disana. Kawasan wisata alam jadi salah satu kemegahan dan keindahan yang ditawarkan. Panorama eksotis dan romantis siap memanjakan mata para wisatawan. Situ Patenggang Bandung jadi satu diantara banyaknya wisata alam eksotis di Bandung. Karena jadi lokasi wisata populer, membuatnya selalu dipadati wisatawan lokal ataupun luar negeri. Sebenarnya seperti apa keindahan patenggang lake? simak info lebih lengkapnya berikut ini.

Mengenal Situ Patenggang

Meskipun sudah sangat populer, tak banyak orang tahu mengenai sejarah Situ Patenggang. Nama ini merupakan nama dari bahasa Sunda yang artinya ‘danau saling mencari’. Mitos yang melatar belakangi nama tersebut adalah kisah pencarian cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka terpisah sekian lama dan memutuskan untuk saling mencari keberadaan masing-masing. Rasa rindu serta cinta mereka semakin hari semakin besar.

Dewa pun mempertemukan mereka berdua. Keduanya sangat bahagia dan saling memadu kasih di ‘Batu Cinta Situ Patenggang’. Dewi Rengganis meminta agar Ki Santang membuat sebuah danau lengkap dengan perahu agar bisa digunakan mereka berdua berlayar. Ternyata perahu tersebut masih ada disekitar danau. Sekaligus jadi simbol dan bukti kisah cinta mereka.

Bukti lainnya terdapat pulau berbentuk seperti hati yang dinamakan pulau Asmara atau pulau Sasaka. Konon wisatawan Situ Patenggang Ciwidey yang datang ke batu cinta dilanjutkan berlayar ke pulau Asmara dan mengelilingi pulau tersebut. kisah cinta mereka akan abadi seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Daya Tarik Situ Patenggang

Alamat Situ Patenggang yang berada di jalan Ciwidey – Rancabali, kecamatan Rancabali, kabupaten Bandung, Jawa Barat. Memang memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan wisata alam lainnya. kawasan danau ini berada di ketinggian 1.600 mdpl, jadi udara disana lebih dingin dan sejuk meskipun pada siang hari yang terik. Sampai dilokasi mata kita akan langsung dimanjakan dengan hamparan danau seluas 45 hektar. Keberadaan situ yang dikelilingi hutan luas menambah sejuk serta dinginnya udara. Bila dihitung luas area termasuk hutannya, destinasi wisata Bandung ini memiliki luas 123 hektar loh.

Kegiatan Seru Di Situ Patenggang

Berada disana bukan hanya dapat bersantai sambil menikmati keindahan danau. Meskipun harga tiket masuk Situ Patenggang terjangkau, ada banyak kegiatan seru yang dapat kita lakukan. Jika kalian bersama pasangan, dapat melakukan mitos yang ada. Yakni mengunjungi batu cinta berlayar menggunakan kapal menuju sekaligus mengelilingi pulau Cinta. Meskipun tanpa pasangan kalian tetap bisa kok melakukan kegiatan seru ini. siapa tahu ketemu jodoh hehe. mengelilingi danau dengan menaiki perahu tak kalah menarik. Berkeliling menggunakan perahu bebek genjot pasti disukai anak-anak.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

Pihak pengelola wisata danau, telah menyediakan beragam fasilitas lengkap disana. mulai dari area parkir luas, toilet, tempat ibadah, rumah makan khas Bandung, gazebo, toko souvenir, toko buah dan tak lupa penginapan. Penginapan di Situ Patenggang sangat unik. Wisatawan akan diajak camping berfasilitas hotel. Adapun harga tiket masuk weekday wisatawan lokal hanya 18 ribu, turis mancanegara 135 ribu rupiah. sedangkan saat weekend wisatawan lokal membayar tiket 21 ribu dan asing 185 ribu rupiah. jam operasional wisata ini dari jam 8 pagi hingga 8 malam.

Ternyata wisata danau tidak selalu membosankan bukan? disamping mitos menarik didalamnya, banyak hal seru yang jadi daya tarik wisatawan ke Situ Patenggang Bandung. Sangat disayangkan bila kalian ke Bandung tapi belum mengunjungi lokasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *